Popular Posts

Recent Post

Recent Comments

Pengertian BIOLOGI

   Ilmu Biologi merupakan bagia dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya.
Istilah Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti hidup dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi, Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Kajian Biologi sangatlah luas. Biologi berbicara tentang semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Biologi pun mengungkap keterkaitan di antara berbagai makhluk hidup. Biologi mengungkap keterkaitan antara makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan banda mati.

  Berikut adalah pengertian dan definisi Biologi:
- Menurut Orman Karmana, Ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.
- Menurut Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibowo, biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya. Biologi mempunyai cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang makhluk hidup.
- Menurut Deswaty Furqonita dan M. Biomed, biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup.

Obyek dan Permasalahan Biologi

   Perkembangan biologi mulai dari BSCS (Biologi Science Curriculum Study) berdasar struktur keilmuan dibagi 3 objek biologi, yaitu kingdom protista, plantae (tumbuhan), dan animalia (hewan). 
   Kemudian menurut R.H.Whittaker berkembang menjadi 5 kingdom, yaitu kingdom protista, monera, fungi, plantae, animalia. Selanjutnya menurut Carl Woese berkembang menjadi 5 kingdom, yaitu kingdom archaebacteria, Eubacteria, protista, fungi, plantae, dan animalia.
   Selain kingdom-kingdom yang ada,obyek dan permasalahn yang dipelajari adalah tingkatan organisasi makhluk hidup dari yang terkecil sampai yang terbesar.

1. Tingkat Molekul, yaitu penyusun sel, senyawa-senyawa organik dalam sel yang berupa lemak, protein, karbohidrat dan air. Salah satu contoh adalah H2O (Molekul Air).


2. Tingkat Sel, bagian terkecil dari makhluk hidup.Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel.   Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular, misalnya bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan Protozoa) atau dari banyak sel (multiselular).








 
3. Tingkat Jaringan, kelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Kajian tentang jaringan dipelajari dalam histologi. Pada makhluk hidup terdapat berbagai macam jaringan, seperti jaringan saraf, jaringan otot, dan jaringan ikat. .

4. Tingkat Organ, kumpulan jaringan berbeda yang menjalankan fungsi tertentu. Di dalam tubuh makhluk hidup, organ-organ yang berbeda akan berkumpul membentuk suatu sistem yang disebut sistem organ. Kumpulan organ-organ tersebut akan menjalankan fungsi dan tugas yang saling berkaitan. Contohnya otak, jantung, paru-paru dll.
5. Sistem Organ, beberapa organ yang saling bekerjasama untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh sistem pencernaan, sistem respirasi dll.
6. Individu, kumpulan sistem organ yang sinergis akan membentuk individu.


Adanya berbagai sistem organ yang memiliki fungsi berbeda, membuat suatu individu mampu melakukan fungsi hidupnya dengan baik. Contoh organisasi kehidupan tingkat individu adalah seekor kucing, seekor ular, dan seorang manusia.
7. Populasi, Kumpulan individu yang sama dan menempati wilayah tertentu.Di dalam suatu populasi terjadi interaksi atau hubungan antar spesiesnya. Hal tersebut dilakukan guna menjalankan fungsi hidupnya, misalnya berkembang biak, melakukan perkawinan, dan untuk perlindungan satu sama lainnya. contoh organisasi tingkat populasi adalah sekumpulan pinguin.


8. Komunitas, merupakan sekelompok populasi yang hidup dalam suatu daerah dan menempati lingkungan yang sama. Komunitas merupakan organisasi kehidupan yang memiliki banyak objek untuk diamati. Contohnya, komunitas sungai terdapat populasi katak, populasi udang, dan populasi plankton.

9. Ekosistem, Interaksi antara komunitas dengan lingkungannya.
10. Bioma, Kumpulan ekosistem yang mencakup wilayah yang luas dan ditandai oleh vegetasi yang khas. Contoh, bioma tundra (didominasi tumbuhan perdu), bioma taiga (didominasi pinus), bioma padang rumput (didominasi rumput) dan bioma padang gurun (kaktus). Bioma merupakan organisasi kehidupan yang cukup beragam, khususnya jenis makhluk hidup di dalamnya. Bioma adalah satuan daerah daratan yang luas di bumi bercirikan sejenis tumbuhan dominan di daerah tersebut. Contohnya bioma gurun, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis, dan bioma tundra.

Di dalam bioma, banyak sekali jenis individu ataupun populasi yang terdapat di dalamya. Misalkan pada bioma hutan hujan tropis yang didominasikan oleh tumbuhan tropis, terdapat keaneragaman individu yang tinggi di dalamnya. Indonesia memiliki bioma hutan hujan tropis, khususnya di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Tingkatan kehidupan organisme yang dipelajari dalam ruang lingkup Biologi dipelajari dalam berbagai tingkatan. Setiap tingkatan tersebut memiliki kekhasan mengenai cirinya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengertian BIOLOGI dengan judul Pengertian BIOLOGI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://farid-rizky.blogspot.com/2013/01/pengertian-biologi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sabtu, 19 Januari 2013

Belum ada komentar untuk "Pengertian BIOLOGI"

Posting Komentar

Jangan lupa berkomentar ea sobat blogger,tapi berkomentarlah yang sopan,baik dan tidak berbau spam,No SARA No Porno dan tidak boleh berkomentar dengan menyertakan link aktif karena akan saya hapus