Popular Posts

Recent Post

Recent Comments

Pengertian GEOGRAFI

Bumi
     Istilah Geografi petama kali dikemukakan oleh Eratosthenes. Geografi berasal dari bahasa Yunani dari kata geo artinya bumu dan graphein artinya tulisan/lukisan. Jadi geografi secara harfiah artinya tulisan tentang bumi. Berdasarkan pemikiran tersebut, para ahli geografi berpendapat bahwa Eratosthenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.

    Sedangkan pengertian Geografi menurut para ahli sebagai berikut:
 1. Menurut Preston E. James
   (Geografi is Mother Science) Geografi adalah induk dari ilmu pengetahuan, karena banyak ilmu pengetahuan yang dikaji selalu dimulai dari keadaan bumi.

 2. Menurut Prof. Bintarto
   Dalam bukunya yang berjudul Penuntun Geografi Sosial. Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menguraikan (to describe), menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari ciri khas mengenai bumi dalam ruang dan waktu.

 3. Menurut Ullman (1954)
   Dalam bukunya Geography, a Spatial Interaction. Geografi adalah interaksi antarruang.

 4. Menurut Paul Claval (1976)
   Geografi ingin selalu menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan.

 5. Menurut Strabo
  Geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan.

 6. Menurut Karl Ritter
  Geografi adalah studi tentang daerah yang berbeda-beda di oermukaan bumi dalam keragamannya.

 7. Menurut John Hanrath.
  Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala-gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan.

 8. Menurut Para Pakar Geografi pada Seminar Lokakarya di Semarang tahun 1988.
  Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dalam konteks keruangan.

 9. Menurut Claudius Ptolomaeus
   Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

 10. Menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)
   Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap. Dari pengertian di atas Vernor & Glen menitikberatkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah dari masa ke masa.

 11. Menurut Von Rithoffen (1905)
    Geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.

 12. Menurut Maurice Le Lannou (1959)
    Geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

 13. Menurut  John Mackinder (1861-1947) 
    Geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

 14. Menurut Alexander (1958)
    Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam.

 15. Menurut Ekblaw dan Mulkerne 
    Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

 16. Menurut  Yeates (1963)
    Geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. Dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.

 17. Menurut  Paul Vidal de La Blace (1915)
   Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.


  
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengertian GEOGRAFI dengan judul Pengertian GEOGRAFI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://farid-rizky.blogspot.com/2012/12/pengertian-geografi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Abdullah Malik - Selasa, 18 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Pengertian GEOGRAFI"

Poskan Komentar

Jangan lupa berkomentar ea sobat blogger,tapi berkomentarlah yang sopan,baik dan tidak berbau spam,No SARA No Porno dan tidak boleh berkomentar dengan menyertakan link aktif karena akan saya hapus